4 Tahapan Branding

Logo Real Madrid

4 Tahapan Branding

Dalam suatu pemasaran produk, tahapan branding bukan menjadi hal yang baru. Branding saat ini jadi poin terpenting dalam menentukan bagaimana produk tersebut akan dipasarkan serta diperjualbelikan. Dengan branding yang berkualitas, pastinya produk akan makin dikenal dan dapat menjangkau banyak konsumen. Sebaliknya, apabila produk tidak mempunyai branding yang baik, pastinya produk akan sulit dipasarkan. 

Dalam membuat suatu branding, ada beberapa tahapan branding yang harus anda pahami. Sebab, branding tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Nah, sebelum kami membahas lebih detail mengenai tahapan branding ini, berikut penjelasan singkat soal apa sih yang dinamakan dengan branding dan apa pentingnya bagi suatu produk.

Dapat dibilang, branding produk merupakan nyawa dari suatu bisnis. Mengapa bisa demikian? Karena branding mempunyai peran penting dalam kelancaran suatu usaha. Secara lebih rinci, branding merupakan kegiatan komunikasi atau pemasaran yang dilakukan perusahaan atau pemilik usaha dalam mempopulerkan brand atau merek dagangnya. 

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Jasa

Pentingnya Branding Produk

Branding produk sangat penting untuk suatu perusahaan. Pasalnya, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh apabila perusahaan mengaplikasikan branding produk dengan baik. Pertama yakni bisnis anda dapat lebih dikenal. Dengan branding, produk menjadi dipahami oleh banyak orang sehingga daya tarik dan pembelian pun dapat meningkat.

Branding yang baik, apabila diimbangi dengan kualitas produk yang berkualitas pula, dapat membuat produk dipercaya dan diminati oleh banyak orang. Kepercayaan ini yang akan membuat konsumen menjadi suka dengan produk anda. 

Di samping alasan di atas, ada manfaat lain dari branding produk, yaitu membedakan produk sendiri dari pesaing atau merk lain. Dengan branding, pastinya anda akan dapat menciptakan citra tersendiri dari perusahaan ataupun produk. Dengan begitu, konsumen dapat dengan mudah mengenali dan membedakan produk anda dari produk-produk yang lain.

4 Tahapan Branding Produk

Nah, dalam penerapannya, ada beberapa 4 tahapan branding produk yang dapat anda gunakan supaya branding berjalan dengan efektif, yaitu sebagai berikut:

  • Mengenal Target Bisnis

4 tahapan branding yang pertama yakni dalam mendirikan branding produk, hal pertama yang harus anda pahami yakni mengenali target pasar anda. Dengan memahaminya, anda akan lebih paham tentang kebiasaan calon konsumen dalam mengenali produk.

Sebagai contoh, anda dapat melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui media sosial apa yang diminati oleh target bisnis anda, kemudian konten apa yang mereka minati, apakah dengan unsur foto, video, atau gabungan dari keduanya. Mengenali kebiasaan target usaha ini pastinya akan memberikan kemudahan bagi anda dalam mendesain materi promosi atau strategi pemasaran.

  • Menentukan Platform yang Efektif

4 tahapan branding yang kedua yakni tidak semua platform dapat dipakai untuk branding suatu produk. Sebabnya, cari tahu platform yang paling diminati calon konsumen sehingga dapat menjangkau mereka dengan efektif. Dengan menjumpai platform yang tepat, anda dapat mendirikan hubungan yang baik dengan calon konsumen dan mendirikan loyalitas mereka terhadap produk. Kedekatan branding dengan konsumen ini adalah sebuah hal yang penting sebab dengan begitu, konsumen pun akan merasa memiliki ikatan dan percaya pada usaha anda.

  • Menentukan Identitas Brand

Jangan lupa, identitas brand merupakan hal yang tidak kalah penting, apalagi di tengah persaingan produk yang sekarang sudah semakin ketat. Anda harus bisa membuat identitas brand beda dari yang lain dan karakteristik yang kuat. Dengan begitu, konsumen dapat lebih tertarik dengan merek dagang dari perusahaan anda. Identitas brand sendiri dapat mencakup banyak faktor, seperti visual yang unik dan didukung dengan hastag atau tagline yang dapat menggambarkan citra dari bisnis anda.

  • Pesan yang Konsisten

4 tahapan branding yang berikutnya yakni tahapan branding yang tidak kalah penting yakni membuat pesan brand yang cukup kuat dan efektif. Membuat pesan brand sendiri bukan sebuah hal mudah. Sebab, anda harus dapat menyampaikan pesan produk dengan tepat sasaran dan dapat diterima oleh para konsumen. Sebabnya, membuat pesan produk atau brand harus dipikirkan dengan cukup matang. Buatlah pesan brand yang sederhana akan tetapi dapat langsung menarik minat dari konsumen. 

4 Tahapan Branding

Nah itulah tadi 4 tahapan branding yang dapat kami berikan kepada anda, 4 tahapan branding ini tentu saja akan membuat bisnis anda makin disukai oleh banyak orang, yang otomatis bisa menjangkau lebih banyak orang.

Jadi diharapkan anda terus menerapkan 4 tahapan branding ini agar bisnis anda makin maju dan berkembang. Namun, jika anda tidak memiliki waktu dalam melakukan branding, ada baiknya anda datang ke seorang yang profesional, yakni kami. Jasa kami akan membantu anda dalam melakukan branding.

Pengalaman kami sebagai jasa branding akan membuat anda terkesima ketika melihat hasilnya, jadi segera hubungi kami jika anda berminat dengan jasa kami.

Regards

BRANDINGKAN

(Jasa Branding – Jasa Desain Logo dan Company Profile Berkualitas)

Untuk informasi lengkapnya bisa menghubungi Marketing kami dibawah ini :

Marketing

CS : 0818-8285-4334

Tags: jasa marketing online surabaya, jasa marketing online surabaya murah, jasa logo online shop, jasa personal branding,  jasa pasang branding stiker, jasa pasang branding stiker, jasa pasang branding, jasa desain packaging, jasa desain poster, jasa marketing produk, jasa marketing pph 24, jasa pembuatan stiker branding, jasa branding surabaya, jasa desain spanduk, jasa marketing shopee, jasa desain stiker

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr

Leave a Comment